Jakarta, PIS – Kawan PIS, lagi marak nih iklan tawaran umrah bareng dengan para selebriti. Tak hanya artis, ada juga tawaran dengan ustad-ustad kondang seperti Abdul Somad.
Tawaran umrah dengan para selebritis diyakini adalah cara ampuh menarik calon jemaah. Ini dikonfirmasi oleh pengamat sosial budaya Universitas Indonesia, Devie Rahmawati.
Menurut Devie, selebriti memang adalah magnet. Ia menjadi daya tarik luar biasa bagi masyarakat, dan tentu saja menjadi peluang bisnis yang moncer. Popularitas para selebriti itu menjadi kunci penting agar paket umroh bisa laris manis.
Tak hanya itu, Devie bilang kehadiran selebriti itu juga memberikan legitimasi pada travel umrah tersebut. Akan ada kesan kalau travel itu bukan sembarangan dan sangat bisa dipercaya. Pemilihan artis pun tidak sembarangan, katanya.
Ia harus punya karakter yang Islami dan terlihat sebagai figur yang rajin ibadah. Saat ini ada beberapa artis yang sering menjadi bintang iklan umrah, sekaligus tawaran umrah bareng dengannya.
Beberapa diantaranya Laudya Cynthia Bella, Dewi Sandra, Teuku Wisnu, Tommy Kurniawan dll. Kawan PIS, Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya Muslim. Jadi, bisnis travel umroh memang menjadi peluang ekonomi yang sangat besar.
Karena itu nggak heran kalau banyak selebriti yang terjun ke bisnis ini. Tak hanya sekedar menjadi model iklan, bahkan ikut terjun ke bisnis travel umroh ini. Salah satunya Sahrul Gunawan. Dia lakoni bisnis ini sejak 2005 silam.
Sahrul mengakui kalau bisnis travel umrohnya menggunakan popularitasnya sebagai seorang artis. Jadi, memanfaatkan artis atau ustad kondang sebagai daya tarik umrah itu komersialisasi ibadah bukan ya? Bagaimana menurut Kawan PIS?